08 Apr

Sejarah singkat STIEPAR

berawal dari benih Lembaga Pendidikan Pariwisata Manado (LPPM) yang bertumbuh yang adalah cikal bakal berdirinya STIEPAR Manado …….Pada Bulan Desember 1996 Seiring dengan kebutuhan dan perkembangan dunia usaha pariwisata di Sulawesi Utara, pada akhir  tahun 1997, telah muncul suatu pemikiran dari para pendiri LPPM, bahwa perlu untuk mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan Pariwisata di Sulawesi Utara, guna menyiapkan calon-calon tenaga pelaksana yang profesional dibidang kepariwisataan.  Pemikiran tersebut direalisasikan dengan didirikannya LPPM pada tanggal 3 April 1997  Lokasi Kampus pada saat itu terletak di Jl. Sam Ratulangi 21/12 yang cukup representatif untuk dijadikan tempat pendidikan dan latihan.

Pada awal penerimaan mahasiwa saat itu, dengan satu program  yaitu perhotelan (program setara Diploma I), Kemudian pada bulan Oktober 1998 dibuka satu program “Bartender Short Course” (3 Bulan), dan pada bulan Juni 1998 ditambah lagi satu program yaitu “Tours and Travel ” (6 Bulan)

1998 Hari terus berganti, perjalanan LPPM-pun telah memasuki tahun ke 2 dan pada saat itu telah berhasil mewisuda 28 orang mahasiswa Angkatan I. Pada saat itu dalam usia yang relatif masih muda LPPM terus tumbuh dan berkembang serta terus berkarya dalam menyiapkan  sumber daya manusia profesional dibidang pariwisata yang telah terserap oleh dunia di seluruh Indonesia.

Melihat kebtuhan pengembangan kepariwisataan di Sulawesi Utara maka dipandang perlu untuk menghadirkan institusi pendidikan tinggi pada level strata 1 atau jenjang sarjana yang kemudian diharapkan dapat bersama sama membangun kepariwisatan di Sulawesi Utara dan Indonesia. Hal ini kemudian menjadi wacana untuk menghadirkan STIEPAR di Manado.

1998 penyampaian Proposal Pembukaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado pada Kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Ujung Pandang. Atas pemasukan berkas ini, telah diperoleh Rekomendasi Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, untuk diteruskan kepada Direktur Perguruan Tinggi Swasta Ditjen Dikti Depdikbud R.I. di Jakarta. Proposal Pembukaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado diajukan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud R.I. Jakarta untuk dilakukan proses Surat Keputusan Mendikbud R.I. tentang penetapan Status Terdaftar.

8 April 1999 telah diterbitkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 79/D/O/1999 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) Manado dan Pemberian status TERDAFTAR untuk jenjang pendidikan program S1 di lingkungan Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Manado  dan STIEPAR resmi dapat beroperasi..

Juni 1999 Menempati lokasi Kampus di Jl. 14 Februari No. 96 Teling Atas,  karena dilihat bahwa lokasi tersebut dianggap baik, dan strategis untuk dijadikan tempat pendidikan serta mulai menerima mahasiswa baru angkatan pertama tahun akademik 1999/2000.

September 2006 dalam rangka pengembangan STIEPAR, Yayasan Maranatha memulai pembangunan kampus berlokasi di Jl. Maengket Kelurahan Wanea Lingkungan 4 Kecamatan Wanea (kompleks UPTD Taman Budaya Provinsi Sulawesi Utara)

Pembangunan Kampus STIEPAR yang dimulai pada tahun 2006 berhasil dirampungkan pada pertengahan April tahun 2009 di Jl. Maengket Kelurahan Wanea Kecamatan Wanea, dan saat itu sudah mulai digunakan untuk aktifitas belajar dan mengajar sampai saat ini.

Hari terus berganti, STIEPAR Manado terus bertumbuh dan berkembang menjadi perguruan tinggi pariwisata yang disegani. Born to Success, Always Be The Best

Leave a Comment